Perlu Energi Besar Tahan Tren Positif Prabowo

Ilustrasi
Ilustrasi

BeritaCopas.tk - Keunggulan Prabowo Subianto dan Hatta Rajasa diyakini akan terus berlansung hingga pencoblosan 9 Juli nanti.

Saya meyakini cross antara Prabowo dengan Joko Widodo sudah terjadi dan Prabowo akan terus mengalami kenaikan elektabilitas,” kata Khairul Muluk, pengamat politik Universitas Brawijaya (UB) Malang, saat dihubungi, Kamis (3/7)

Cross yang dimaksud adalah Prabowo yang sebelumnya elektabilitasnya berada di bawah Jokowi, kini menjadi lebih unggul dibanding Jokowi.

Beberapa lembaga survei yang baru saja merilis hasilnya menunjukkan keunggulan Prabowo-Hatta. Survei terbaru dari Indonesia Research Center (IRC) merilis 47,5 persen untuk Prabowo-Hatta dan 43 persen untuk Jokowi-JK.

Institut Survei Indonesia menunjukkan elektabilitas atau tingkat keterpilihan yang disesuaikan dengan kriteria pilihan Prabowo-Hatta 40,15 persen dan Jokowi-Jusuf Kalla sebesar 35,05 persen.

Menurut Muluk, agak sulit bagi Jokowi untuk menaikkan elektabilitasnya lagi. “Bagi Jokowi perlu energi sangat besar untuk menahan tren positif Prabowo, kemudian membalik arah tren itu agar Jokowi kembali positif,” kata Muluk

Menurutnya, masyarakat Indonesia punya kebiasaan untuk memilih calon yang punya kans besar untuk menang, meski dia tidak menampik bahwa masing-masing capres punya pemilih fanatik. “Prabowo tak akan terhenti,” katanya.

Berdasarkan pengamatan Muluk, elektabilitas Prabowo naik pesat sejak beberapa partai memutuskan masuk ke koalisi Merah Putih yang diusung oleh Prabowo dan Hatta Rajasa. Koalisi Merah Putih terdiri dari Gerindra, PAN, Golkar, PPP, Gerindra, PKS, dan terakhir Demokrat.

Mesin partai bekerja dengan baik sehingga dapat mendongkrak elektabilitas, termasuk pengelolaan isu,” kata Muluk.

Meski sudah alami cross dan Prabowo terus menanjak, selisih elektabilitas keduanya masih sangat tipis. Dua kubu harus hati-hati karena beberapa survei mengatakan bahwa swing voter berkisar antara 10 persen.

Karena selisihnya tipis sekali, maka sepuluh persen itu jadi penting dan harus digarap masing-masing pihak,” katanya.

Menurut Muluk, isu yang berkembang, pengaruh tokoh tradisional dan terpaan media akan mempengaruhi para swing voters ini.

Sumber :
Terima kasih telah membaca artikel tentang Perlu Energi Besar Tahan Tren Positif Prabowo di blog Test MFN jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini diwebbroswer anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :

News Today :