Kampanye Pakai Pesawat Pribadi, Jokowi Dikritik

Joko Widodo
Joko Widodo
Kampanye calon presiden dari PDI Perjuangan, Joko Widodo (Jokowi)  yang menggunakan pesawat carteran menuai kritik.

Jokowi saat melawat ke Banjarmasin, Kalimantan Selatan, menuju Malang, Jawa Timur, pada 30 Maret 2014 lalu dikabarkan tidak menggunakan pesawat komersil.

Pengamat politik dari Universitas Indonesia (UI), Agung Suprio, menilai Jokowi kembali mengingkari apa yang telah dikatakannya yaitu lebih memilih menggunakan pesawat kelas ekonomi saat berkampanye agar bisa dekat dengan rakyat tanpa ada jarak.

"Alasan Jokowi menggunakan pesawat pribadi semata-mata karena ikut partai. Artinya, Jokowi mengalah untuk beralih dari pesawat ekonomi ke pesawat pribadi karena kebijakan partai," kata Agung, Jumat (4/4/2014).

Menurutnya, peristiwa tersebut sejatinya memproyeksikan betapa nanti ketika Jokowi berkuasa, justru tidak akan mandiri dan sering mengalah demi kebijakan partainya.

"Sebagian orang mungkin tidak mempermasalahkan ini. Namun bagi saya, hal yang kecil ini adalah cermin untuk melihat interaksi antara Jokowi dan partai dalam hal yang lebih besar termasuk dalam arena kekuasaan," paparnya.

Sekadar diketahui, Jokowi menggunakan pesawat carteran saat kampanye ke Banjarmasin, Kalimantan Selatan, menuju Malang, Jawa Timur, pada 30 Maret 2014 lalu. Jokowi berdalih penggunaan pesawat nonokomersil tersebut semata-mata hanya mengikuti partai.

"Pesawat pribadi gimana? Apa saya punya pesawat? Itu partai yang menyediakan, saya hanya ikut saja. Itu partai, partai, partai. Bukan punya saya," kata Jokowi.

Sumber :
Terima kasih telah membaca artikel tentang Kampanye Pakai Pesawat Pribadi, Jokowi Dikritik di blog Test MFN jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini diwebbroswer anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :

News Today :